News‎ > ‎Berita Nasional‎ > ‎

“Super Blue Blood Moon” Fenomena Langka Hiasi Langit Indonesia

diposting pada tanggal 1 Feb 2018 16.48 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Fenomena alam yang sangat langka, yaitu Super Blue Blood Moon telah berhasil menghias langit Indonesia pada Rabu (31/1). Fenomena ini hanya terjadi sekitar 152 tahun sekali. Lokasi di Jakarta yang ideal dan banyak dikunjungi oleh masyarakat untuk menikmati fenomena ini yaitu di Planetarium Taman Ismail Marzuki (TIM), Perkampungan Budaya Setu Babakan, Taman Fatahillah Kota Tua, Kepulauan Seribu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Impian Jaya Ancol. Fenomena ini terjadi mulai 17.59 sampai 22.08 WIB.

Dilansir dari Metrotvnews.com, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Darmawanti mengatakan, masyarakat dapat menyaksikan fenomena ini dan bukan dijadikan sesuatu yang menakutkan. Malah BMKG pun juga mengimbau masyarakat untuk mengajak masyarakat agar melakukan nonton bareng di daerah yang telah ditentukan. Namun Super Blue Bloood Moon sempat tidak terlihat jelas karena tertutup awan.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Biologi semester dua, Azizahnur Shobiroh mengungkapkan, dirinya baru tahu kalau fenomena Super Blue Blood Moon sangat langka sebab terakhir terjadi pada 1866. Azizah dan temannya juga melakukan sholat khusuf di masjid terdekat. “Bahkan di masjid sangatlah penuh dengan masyarakat yang sangat antusias melaksanakan sholat khusuf,” ujarnya. Menurut Azizah, menikmati fenomena langka ini bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari memotret lewat kamera ponsel atau melihat menggunakan teleskop. “Namun di saat gerhana bulan tersebut para muslim seharusnya melakukan sholat khusuf, karena ibadah ini sangatlah langka. Jangan sampai terlena dengan keadaan yang sangat meriah,” ucapnya.

(Alya Safira Azizah)

Comments